Minggu, 14 April 2013

Manusia Dan Kebudayaan


Manusia dan Kebudayaan

Manusia Dan Kebudayaan

1) . Manusia
         Manusia adalah makhluk yang luar biasa kompleks . Kita merupakan paduan antara mahluk material dan mahluk spiritual . Dinamika manusia tidak tinggal diam karena manusia sebagai dinamika selalu mengaktivisasikan dirinya , manusia adalah mahluk terbuka , bebas memilih makna dalam situasi , mengemban tanggung jawab atas keputusan yang hidup secara kontinu . Manusia berasal dari tanah dan akan kembali menjadi tanah sedangkan unsur immateri berasal dari ruh tuhan  dan akan kembali kepada tuhan.
            Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelaminnya . Secara ilmiah,jenis kelamin seorang yang baru lahir entah laki-laki atau perempuan . Anak muda laki-laki dikenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria . Anak muda perempuan dikenal sebagai putri dan perempuan dewasa sebagai wanita . Penggolongan lainya adalah berdasarkan usia , mulai dari janin , bayi , balita ,anak-anak ,remaja , akil baliq , pemuda atau pemudi ,  dewasa dan orang tua .



2) . Hakekat Manusia
         - Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas)           selama hidupnya
             - Makhluk Tuham yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat
             - Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial
             - Individu yang sangat di pengaruhi oleh lingkungan terutama lingkungan sosial 
           - Makhluk yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan     mampu menentukan nasibnya
                    Manusia sebagai salah satu makhluk yang hidup di muka bumi merupakan makhluk yang memiliki karakter , manusia secara fisik tidak begitu berbeda dengan binatang  , sehingga para pemikir menyamakan dengan binatang.Letak perbedaaan yang paling utama antara manusia dengan makhluk yang lainnya adalah dalam kemampuannya melahirkan kebudayaan .

3) . Pengertian Kebudayaan
          Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Buddayah ,yang merupakan bentuk jamak dari buddhi  (budi atau akal) di artikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.Dalam bahasa inggris , kebudayaan di sebut culture ,yang berasal dari bahasa latin colere ,yaitu (mengolah atau mengerjakan) .
              Budaya dapat di definisikan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan di wariskan dari generasi ke generasi.Budaya terbentuk dari banyak unsur ,termasuk sistem agama dan politik ,adat istiadat,bahasa dll.Budaya juga adalah suatu pola hidup menyeluruh,budaya bersifat kompleks abstrak,luas.Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif ,unsur-unsur sosial budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegitan sosial manusia.
                Tokoh-tokoh kebudayan di antaranya 
                    - Melville J.Herskovits dan Bronislaw , Malinowski yang mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.  
                    - Herskovits , memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain
                    - Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
                     - Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Sumber: http://januar-ikmal.blogspot.com/2012/03/definisi-kebudayaan.html

              http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/%E2%80%A2-tokoh-%E2%80%93-tokoh-kebudayaan/

4) . Wujud Kebudayaan
          Landasan teori : Menurut J.J.Hoenigman 

       - Gagasan (wujud ideal)
                Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide,gagasan,nilai-nilai,norma-norma,peraturan dan sebagainya yang sifatnya abstrak tidak dapat di raba atau di sentuh ,Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat.Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan , maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.

         - Aktivitas (tindakan)
               Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu.Wujud ini sering pula di sebut dengan sistem sosial.Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakukan>Sifatnya konkret,terjadi dalam kehidupan sehari-hari,dan dapat di amati dan di dokumentasikan.       

            - Artefak (karya)
              Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas ,perbuatan,dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba,dilihat,dan didokumentasikan.Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar